Jadi penulis?? it's my dream !!

By Sekar Setyaningrum - Januari 13, 2015

Penulis? Pernah nggak sih kalian ngebayangin jadi penulis besar yang punya banyak buku karya sendiri? Waah.. Ketinggian ya? Atau paling nggak pernah nggak sih kalian pengeeen banget suatu saat buku kalian mejeng di toko buku. Aduh itu aku banget. Tapi aku rasa mimpi semua penulis hampir sama. Punya buku yang disukai banyak orang.
Gini nih perjalanku hingga aku jadi suka nulis sampai sekarang.
Bagiku menulis itu bukan pekerjaan. Tapi menulis itu sebuah kesenangan. Pernah ngerasain kan pas kalian iseng-iseng nulis trus temen kalian nyeletuk "Tulisanya keren ih. Kenapa nggak jadi penulis aja?" Itu rasana kayak diterbangkan kemanaa gitu. Ah lebay banget ya.
Tapi emang bener loh. Pas orang tua sendiri ngedukung penuh hobby nulisku semangatku tambah menggebu loh. Meski kritikan pedas juga tetap harus diterima.
Jadi penulis itu nggak gampang. Banyaknya saingan. Banyak penulis-penulis lain yang tulisanya jauh lebih hebat kadang bikin minder. Apalagi selama ini semua hasil tulisan cuma disimpen rapi dalem folder laptop.
Sampe akhirnya beberapa bulan yang lalu seorang teman ngasih tau tentang Nulisbuku. Setelah browsing dan cari-cari info nih tertarik juga. Meski beberapa kali ngebatalin buat upload naskah dengan alasan nggak percaya diri. Eh ini bukan rahasia lagi loh. Nggak cuma aku kok yang ngalamin itu. Kadang mikir "Ada nggak ya yang mau baca tulisanku?" "Ah ntar malah malu kalo orang menilai tulisanku jelek." Dan blablabla yang lain.
Naskahku ada banyak tapi nggak pernah sekalipun nyoba masukin ke penerbit. Mikirnya bakal sakit hati kalau pada akhirnya naskah ditolak. Tapi Nulisbuku ngasih kesempatan untuk siapapun buat mewujudkan mimpi menjadi seorang penulis. Sempet keteteran karna kadang pulang kantor, udah capek eeh tiba-tiba nemu inspirasi buat dijadiin cerita. Kadang pas liburan, banyak waktu luang nulis jadi nggak jelas banget. Pas lagi semangat-semangatnya nulis tiba-tiba laptop rusak. Aduh mesti mutar otak buat nyelesein naskah ini. Sempet minjem laptop adik sendiri buat mindah semua data dan nge design sampul asal-asalan yang bakal jadi sampul novel pertamaku. Kadang jari juga harus keriting, pas tiba-tiba nemu inspirasi ditengah perjalanan dan cuma ada ponsel. Aku juga sempet bosen sama naskahku sendiri, karna bolak-balik baca buat mastiin kalo naskahku udah layak dibaca oleh umum. Ternyata nggak ribet. Dan setelah naskah terupload lega loooh.. Finally aku nerbitin buku juga.
Buat kalian yang mau nerbitin buku tapi pikiran masih maju mundur. Nggak usah ragu lagi. Ayok mulai wujudkan mimpi-mimpi kalian. Jadi penulis itu bukan soal seberapa besar royalti yang bisa diterima. Tapi soal seberapa banyak orang yang bisa menikmati karya kita. Pokoknya ulet, pede aja lagi selera orang kan beda-beda boleh jadi ada orang yang nggak suka sama tulisan kita tapi yang suka banyak juga kok.
Oh yap. Say thanks buat Nulisbuku yang bakal jadi penerbit pertama yang nerbitin bukuku. Kritik dan saran untuk lebih baik di naskah selanjutnya. :)
Banyak orang yang sebenarnya punya potensi buat menulis tapi karna nggak pede akhirnya tulisanya terbengkalai begitu saja.
Aku lagi nulis buku selanjutnya nih.. Doakan terbit lagi ya :)

With ♡

Sekar

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar